STUDI DESKRIPTIF TENTANG NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM

  • Abdullah Aly

Abstract

Indonesia yang masyarakatnya terdiri dari beraneka ragam latar belakang memerlukan nilai-nilai multikultural tertentu agar bisa saling hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati. Nilai-nilai tersebut dikelompokkan menjadi 3 (tiga) nilai multikultural inti, yaitu; a) Demokrasi, Kesetaraan dan Keadilan, b) Kemanusiaan, Kebersamaan, dan Kedamaian, dan c) Sikap Mengakui, Menerima, dan Menghargai Keragaman. Untuk menanamkan nilai-nilai tersebut di
dalam masyarakat, pendidikan memegang peranan penting dan strategis. Karena melalui pendidikan, bangsa Indonesia bisa mempersiapkan generasi selanjutnya yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai multikultural ini. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang tertua dan berpengaruh di  Indonesia, berdasarkan studi deskriptif dalam artikel ini, ternyata telah mengenal dan mengajarkan  nilai-nilai multikultural inti diatas kepada para santri. Nilai-nilai ini bersumber dari al-Qur’an dan Hadits Nabi, yang diolah dan ditulis oleh para ulama Indonesia pada masa lalu dalam bentuk kitabkitab kuning, dan menjadi kurikulum pendidikan di sebagain besar pesantren di Indonesia.

Published
2017-08-15
How to Cite
ALY, Abdullah. STUDI DESKRIPTIF TENTANG NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 1, n. 1 Januari, aug. 2017. ISSN 2407-7771. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/25>. Date accessed: 18 nov. 2017.