KURIKULUM BERBASIS TALENTA (PASSION) DI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM (PPMI) ASSALAAM

  • asyhuri asyhuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum dan pengembangannya, model pembelajaran, dan evaluasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan: model pendidikan PPMI Assalaam berupa klasikal, dengan model kurikulum separated subject curriculum. Pengembangan kurikulumnya model tyler, model pembelajarannya model petunjuk/ resep. Masih  belum optimal dalam mengasah talenta santri, indikatornya adalah penyeragaman dalam kurikulum  yang bersifat top down,yaitu kurang aspiratif, dominasi guru dalam proses KBM, serta dominasi hafalan.Terjadi penyeragaman soal dalam ujian tulis, dalam kontek ujian lisan penguji sudah menggunakan instrumen yang baku. Melihat fakta tersebut serta kenyataan setiap anak terlahir cerdas, maka peneliti merekomendasikan: perlu menerapkan kurikulum berbasis talenta (dominan potensi otak) yaitu dengan kurikulum dan pembelajaran kontekstual quotientdan model evaluasi autentik.  Dengan demikian, esensi pendidikan yang merupakan satu kesatuan yang utuh dan seimbang antara sistem keilmuan dengan sistem nilai Islam dapat dicapai.

Published
2017-08-15
How to Cite
ASYHURI, asyhuri. KURIKULUM BERBASIS TALENTA (PASSION) DI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM (PPMI) ASSALAAM. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 1, n. 1 Januari, aug. 2017. ISSN 2407-7771. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/26>. Date accessed: 18 nov. 2017.