KAJIAN KRITIS TENTANG PEMBINAAN SANTRI YANG BERORIENTASI PADA PRESTASI YANG UNGGUL DAN KOMPETITIF

  • Elly Damaiwati

Abstract

Penulisan ini bertujuan (1) mencari model pembelajaran yang berorientasi pada SDI santri yang unggul dan kompetetif serta (2) mencari langkah–langkah strategis guna meningkatkan prestasi santri baik dibidang akademik maupun ekstra kurikuler. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa untuk menjadikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang terus mencetak SDI yang unggul dan tetap eksis di era global maka hal-hal yang perlu mendapat perhatian antara lain membangun sistem nilai dan budaya yang positif, santri sebagai subjek dengan penuh keunikan dan potensi, guru dan tenaga pendidikan yang profesional, kurikulum dan program pembelajaran, managemen modern, sarana dan prasarana yang memadai, serta peran serta masyarakat. Langkahlangkah strategis agar para santri mampu meraih visi dan menjadi santri yang berprestasi yaitu dengan penguatan pendidikan berkarakter di PPMI Assalaam. Adapun penguatan pendidikan berkarakter antara lain bisa dilakukan dengan penguatan pada sisi spiritual, ada sisi pemikiran antara lain dengan
adanya jam wajib baca, penguatan pada sisi moralitas, penguatan pada sisi kebermanfaat bagi orang lain, serta penguatan pada pengembangan potensi dan mengasah bakat dan kecerdasannya.

Published
2017-08-15
How to Cite
DAMAIWATI, Elly. KAJIAN KRITIS TENTANG PEMBINAAN SANTRI YANG BERORIENTASI PADA PRESTASI YANG UNGGUL DAN KOMPETITIF. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 1, n. 1 Januari, aug. 2017. ISSN 2407-7771. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/27>. Date accessed: 18 nov. 2017.