METODE I‘RĀB AL-QUR’AN DAN KONVENSIONAL MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL MADINAH BOYOLALI

  • Amien Ashiddiqi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap informasi terkait tentang (1) model pembelajaran bahasa Arab bagi non-Arab, (2) perbedaan antara metode i‘rāb al-Qur’an (MIQ) dengan metode konvensional (MK) bagi penutur non-Arab, dan (3) tingkat efektifitas pembelajaran bahasa Arab untuk non-Arab dengan MIQ dan MK di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif di Pondok Pesantren Al Madinah Kelas XI MA Nogosari Boyolali Tahun 2017. Sumber data penelitian diambil dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif dengan menginteraksikan antara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Model Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Al Madinah Boyolali Tahun 2017/2018. Memanfaatkan metode talaqqi (sorogan-bandongan) yaitu metode kolektif (halaqoh) penyampaiannya dengan model kaidah-terjemah yang mana ustadz membaca kitab berbahasa Arab, lalu menerjemahkan dan menjelaskan kaidah-kaidah dan hikmah yang terkandung di dalamnya, sedangkan para santri menyimak kajian yang disampaikan ustadz. Pembelajaran menggunakan metode kaidah-terjemah, penyampaian dengan lecturer (ceramah), dan tanya-jawab. (2) Perbedaan antara MIQ dengan MK bahwa MIQ diterapkan di lingkungan pondok pesantren dalam pembelajaran naḥwu-ṣaraf, balāgah, dan beberapa di pelajaran muṭāla‘ah. MIQ lebih mengajak siswa berinteraksi secara langsung kepada al-Qur’an maupun Hadis. MIQ lebih mudah diingat siswa dan lebih luas pembahasannya, adapun MK terbatas dengan kitab kurikulum pegangan. (3) Tingkat efektifitas pembelajaran bahasa Arab untuk non-Arab dengan MIQ dan MK di lingkungan pondok pesantren dapat ditemukan bahwa MK kurang memuaskan untuk pelajaran balāgah dan muṭāla‘ah, jika tidak ada kombinasi strategi

Published
2019-09-16
How to Cite
ASHIDDIQI, Amien. METODE I‘RĀB AL-QUR’AN DAN KONVENSIONAL MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL MADINAH BOYOLALI. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 5, n. 2, p. -, sep. 2019. ISSN 2621-6396. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/60>. Date accessed: 15 dec. 2019.