GRADASI KUALITAS HADIST DALAM KITAB AL-JAMI’ (STUDI ANALISIS ATAS METODOLOGI IMAM TIRMIDZI DALAM PENULISAN HADIST)

  • Alfiatul Azizah

Abstract

Hadist dan Ilmu hadist merupakan salah satu cabang ilmu diniyah yang banyak dikaji oleh umat Islam, dari masyarakat awam, sampai dengan para intelektual. Hal ini karena hadist merupakan hujjah dan sumber ke-2 Syariat Islam setelah Al-Qur`an di dalam Islam. Kenyataannya, penulisan dan kodifikasi hadist telah dimulai pada masa thâbi’in dan terus berlanjut hingga saat ini. Tentunya, tidak semua riwayat yang dituliskan oleh para perawi dalam kitab merupakan hadist yang shahih mutlak, melainkan juga hadist yang berderajat lebih rendah.


Imam Tirmidzi salah satunya, ia dilahirkan pada masa puncak keemasan perkembangan ilmu hadist pada akhir abad ke-2 H. Ia menulis kumpulan hadist Jâmi’ at-Tirmidzi setelah menyelesaikan perjalanan intelektualnya yang panjang. Dalam penulisannya, ia mensyaratkan bahwa semua hadist tersebut merupakan hadist yang bisa dijadikan landasan hukum syar`i dan diamalkan oleh para ulama pada masa itu.


Pada penelitian ini, penulis mendeskripsikan tentang Imam Tirmidzi dan metode penulisan kitab hadist Jâmi’ at-Tirmidzi. Salah satu kesimpulannya, Imam Tirmidzi bukan hanya mencantumkan hadist yang berderajat shahih saja, melainkan juga hasan maupun dhaif. Namun demikian ia menyebutkan kualitas hadistnya dan menunjukkan kelemahannya serta memberikan alasan tertentu dalam pencantumannya. Penelitian ini akan membantu umat untuk lebih memahami sumber hukum kedua dalam Islam

Published
2019-09-16
How to Cite
AZIZAH, Alfiatul. GRADASI KUALITAS HADIST DALAM KITAB AL-JAMI’ (STUDI ANALISIS ATAS METODOLOGI IMAM TIRMIDZI DALAM PENULISAN HADIST). Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 5, n. 2, p. -, sep. 2019. ISSN 2621-6396. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/61>. Date accessed: 15 dec. 2019.