PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN MINDSET

(Studi Analisis di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta)

  • Fika Wahyu Rohmiyati UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Persaingan mutu yang semakin mengglobal menuntut kualitas, produktivitas dan kekuatan daya saing, menyebabkan pola pikir (mindset) pemimpin berubah. Perlu disadari bahwa betapa pentingnya mindset dalam suatu lembaga, hal itu di sebabkan karena keberhasilan suatu lembaga baik dulu maupun sekarang sangat ditentukan oleh pola pikir pemimpin yang otomatis akan berpengaruh juga terhadap pola pikir personel sehingga hal tersebut sangatlah penting karena dapat menentukan keberlangsungan suatu lembaga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penting bagi pemimpin untuk memastikan bahwa mindset personel sejalan dengan mindset lembaga agar dapat menghindari akibat negatif yang dapat ditimbulkan dari perbedaan mindset tersebut. Penelitian dilakukan guna memperoleh informasi akan pola kepemimpinan dan dinamika sebuah organisasi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu dengan menelusuri secara cermat pola kepemimpinan manajer atau kepala sekolah dengan wawancara dan pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah Kepala sekolah menjadi kunci utama untuk memajukan organisasi dengan melakukan trendwatcing, envisioning dan perumusan paradigma kepada semua warga sekolah

Published
2020-02-01
How to Cite
ROHMIYATI, Fika Wahyu. PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN MINDSET. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 6, n. 1, p. -, feb. 2020. ISSN 2621-6396. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/67>. Date accessed: 18 feb. 2020.