MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA IAIN JEMBER DI RUMAH TAHFIDZ DARUL ISTIQOMAH

  • Moch Lukman Hakim UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami dan mendiskripsikan motivasi menghafal Al-Qur’an pada Mahasiswa IAIN Jember di Rumah Tahfidz Darul Istiqomah. Berdasarkan hasil penelitian, bahwasannya motivasi responden dalam menghafal AlQur’an terdiri dari motivasi internal dan motivasi eksternal. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penelitian berkaitan dengan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Data yang didapatkan dengan menggunakan observasi dan wawancara.
Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa IAIN Jember aktif semester 6 dan memiliki rentang usia antara 18 dan 21 tahun, latar belakang pendidikan bukan lulusan Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an, aktif dalam pelatihan menghafal Al-Qur’an yang diadakan oleh Rumah Tahfidz Darul Istikhomah dan subjek penelitian mahasiswi yang tinggal di Rumah Tahfidz Darul Istiqomah. Manfaat dari motivasi menghafal Al-Qur’an adalah dapat meningkatkan kedisiplinan yang mempengaruhi meningkatnya prestasi mahasiswa. Prestasi belajar tidak lepas dari kerja keras mahasiswa untuk senantiasa konsentrasi antara pembelajaran di bidang akademik dan non akademik.

Published
2021-02-15
How to Cite
HAKIM, Moch Lukman. MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA IAIN JEMBER DI RUMAH TAHFIDZ DARUL ISTIQOMAH. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 6, n. 2, feb. 2021. ISSN 2621-6396. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/78>. Date accessed: 15 june 2021.