MENGUKUR SIKAP SPIRITUAL SISWA SMA MELALUI INDIKATOR KETAATAN DALAM BERAGAMA

  • Safa'at Ariful Hudha UNY

Abstract

Sikap spiritual merupakan dimensi yang tumbuh dalam diri manusia sebagai gambaran atas perjalanan dan pengalaman hidup dalam interaksinya dengan peristiwa dan kehidupan di sekitarnya, termasuk dimensi transendental yang meliputi keyakinan, kepercayaan, berkaitan dengan interaksi ketuhanan dan praktek religius seseorang. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sikap spiritual siswa SMA melalui indikator ketaatan dalam beragama. Ketaatan beragama dalam penelitian ini dibatasi pada tujuh indikator yang disesuaikan dengan pengalaman sehari-hari siswa SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner kepada siswa kelas XI SMA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 74.41% siswa SMA memiliki sikap spiritual yang baik.

Published
2021-02-15
How to Cite
HUDHA, Safa'at Ariful. MENGUKUR SIKAP SPIRITUAL SISWA SMA MELALUI INDIKATOR KETAATAN DALAM BERAGAMA. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 6, n. 2, feb. 2021. ISSN 2621-6396. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/79>. Date accessed: 04 mar. 2021.