METAFORA BAHASA ARAB UPAYA TELAAH KEMBALI DUALISME PANDANGAN TEOLOG TERHADAP METAFORA

  • dian - malinda Lembaga Bahasa Arab dan Pendidikan Islam Mahad Imarot Bandung

Abstract

Metafora bahasa Arab yang dibahas dalam artikel ini adalah al-majaz. Metafora atau al-majaz dalam bahasa Arab sering menimbulkan perdebatan di antara para linguis, sastrawan, teolog, ataupun lainnya. Agar persoalannya menjadi jelas, maka di dalam artikel ini diuraikan pengertian metafora atau al-majaz dalam bahasa Arab secara teoretis dan aplikasinya di dalam ayat-ayat Al-Qur’an.


Metafora atau al-majaz adalah lafal yang digunakan dalam makna yang bukan makna seharusnya, karena adanya hubungan (‘alaqah) disertai qorinah yang menghalangi makna hakiki atau makna yang sebenarnya dan di dalam Al-Quran banyak sekali contoh penggunaannya.


Artikel ini diawali dengan penjabaran komparasi dan persamaan antara kedua terma tersebut. Metafora bahasa Arab atau al-majaz, dalam perkembangannya mengalami benturan-benturan pendapat baik dari kaum linguis, sastrawan hingga kaum teolog perihal metafora bahasa Arab atau al-majaz. Hingga terdapat beberapa ulama yang dengan gamblang mengingkari eksistensi lafal metaforis meski tidak sedikit juga yang mengamini wujudnya.


Dalam tulisan ini, penulis berusaha menggambarkan dualisme pendapat yang bertentangan perihal eksistensi metafora Bahasa Arab. Dimulai dengan menjabarkan pendapat para ulama dan tokoh besar yang mempengaruhinya serta argumentasi mereka perihal eksistensi metafora dalam bahasa Arab atau al-majaz. Selanjutnya, penulis memberi pemaparan salah satu aplikasi dan contoh al-majaz yang terdapat dalam al-Qur’an.

Published
2021-02-15
How to Cite
MALINDA, dian -. METAFORA BAHASA ARAB UPAYA TELAAH KEMBALI DUALISME PANDANGAN TEOLOG TERHADAP METAFORA. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 6, n. 2, feb. 2021. ISSN 2621-6396. Available at: <http://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/81>. Date accessed: 03 mar. 2021.