MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X MIPA 2 MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Kadarusman Kadarusman

Abstract

Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) dan tantangan pendidikan abad-21 dengan paradigma 4.0, pembelajaran Qur’an Hadis sebagai warisan indegenious yang menjadi ciri khas pendidikan Islam dituntut untuk beradaptasi dengan paradigma kekinian atau kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajarn Role Playing pada pembelajaran Qur’an Hadis pada pokok bahasan unsur-unsur hadis kelas X MIPA 2 MAN I Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.


Mengacu kepada siklus pertama dan siklus kedua dapat diambil kesimpulan bahwa pertama, model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan unsur-unsur hadis. Peningkatan pada kategori sangat baik sebanyak 733% dari 3 siswa (8%) menjadi 25 siswa (66%), kategori baik meningkat 60% dari 5 siswa (13 %) menjadi 8 siswa (21%). Akumulasi angka ketuntasan sebesar 87% telah melampaui indikator kinerja yang ditetapkan 80% atau melebihi 7%. Kedua, model pembelajaran role playing sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Jika pada pra siklus hanya 2 siswa (5%) yang sangat baik maka pada siklus satu dan dua meningkat menjadi 25 siswa (68%) atau meningkat sebanyak 1150%, dan juga kategori baik dari 5 siswa (13%) menjadi 11 siswa (30%) atau meningkat 120%. Oleh karena itu, capaian akumulatif capaian hasil belajar sebanyak 98% telah melampaui indikator kinerja yang dipatok di angka 80%.

Published
2020-02-01
How to Cite
KADARUSMAN, Kadarusman. MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X MIPA 2 MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 6, n. 1, p. -, feb. 2020. ISSN 2621-6396. Available at: <https://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/66>. Date accessed: 30 sep. 2020.