KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN LEARNING ORGANIZATION DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUAYYAD WINDAN

  • muhimatul 'aliyah uin sunan kalijaga

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut pondok pesantren untuk dapat berbenah mengikuti dinamisasi zaman sehingga dibutuhkan manajemen pengetahuan yang dapat meningkatkan kualitas dan produktifitas sumber daya manusia dalam organisasi pendidikan. Manajemen pengetahuan yang dimiliki SDM pondok pesantren tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pondok pesantren, sehingga outputnya dapat bersaing dengan lembaga pendidikan umum yang lain.


Tulisan ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari tulisan ini adalah mencoba mendeskripsikan tentang konsep knowledge management dan implementasinya dalam learning organization lembaga pendidikan, dimana konsep tersebut menjadi sangat penting dikaji dalam peningkatan produktifitas sumber daya manusia dalam sebuah lembaga pendidikan. Fokus dalam tulisan ini adalah implementasi knowledge management di salah satu lembaga pendidikan islam non formal yaitu Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Muayyad Windan yang dalam pengembangan manajemen pengetahuannya memaksimalkan kualitas para santri untuk ahli dalam ilmu agama juga harus dapat mengembangkan pengetahuan yang ada dalam dirinya di lingkungan masyarakat. Pengembangan knowledge management di Pondok Pesantren Mahasiswa al-Muayyad Windan ini terlihat dalam program kegiatan yang dijalankan serta metode yang dipakai dalam melakukan sharing knowledge antar santri yaitu melalui peer-teaching (pembelajaran teman sebaya), dan pengembangan learning organization santri, pemanfaatan teknologi informasi, proaktif dalam jaringan intern dan ekstern organisasi, keteladanan pemimpin dan fungsi pemimpinsebagai fasilitator.

Published
2020-02-01
How to Cite
'ALIYAH, muhimatul. KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN LEARNING ORGANIZATION DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MUAYYAD WINDAN. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 6, n. 1, p. -, feb. 2020. ISSN 2621-6396. Available at: <https://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/68>. Date accessed: 30 sep. 2020.