EVALUASI KINERJA PEGAWAI DI PESANTREN

(Studi kasus di PPMI Assalaam Tahun 2018-2019)

  • asyhuri asyhuri

Abstract

Penelitian tentang evaluasi kinerja di pesantren jarang dilakukan. Permasalahan akademik dalam penelitian ini adalah mengapa ada evaluasi kinerja di pesantren, sementara pesantren menjunjung tinggi nilai moral, diantaranya adalah nilai keiikhlasan yang dijalani mulai dari kyai sampai santri.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi kinerja di PPMI Assalaam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret dan April 2019.Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, deskriptif, dan interpretative, yakni menggambarkan dengan memberikan makna kepada data yang dianalisis, menjelaskan pola (kategori), dan mencari hubungan antar berbagai konsep. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa evaluasi kinerja di PPMI Assalaam adalah model kombinasi tentang sifat pribadi, perilaku kerja dan hasil kerja. Dari hasil kajian direkomendasikan beberapa hal: (1). Menerapkan prosedur tetap (protap) bagi semua pegawai, langkah ini perlu untuk menghindari gagap kerja, (2). Menerapkan manajemen karier, dan (3). Mengadakan mutasi pegawai, untuk menghindari kejenuhan, meningkatkan gairah kerja dan membangun keadilan

Published
2020-02-01
How to Cite
ASYHURI, asyhuri. EVALUASI KINERJA PEGAWAI DI PESANTREN. Jurnal Ilmiah Pesantren, [S.l.], v. 6, n. 1, p. -, feb. 2020. ISSN 2621-6396. Available at: <https://jurnal.assalaam.or.id/index.php/dfg/article/view/69>. Date accessed: 30 sep. 2020.