Current Issue

Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pesantren

Pendidikan selalu mengalami pembaharuan seiring dengan perubahan yang terjadi dalam lingkup kehidupan sebuah zaman baik perubahan teknologi maupun ekonomi. Seorang ahli pendidikan H. Horne menyebutkan bahwa pendidikan merupakan proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia. Sesuai dengan fungsinya, pendidikan selalu dipercaya untuk membentuk masyarakat agar dapat menjadi pribadi yang aktif, produktif dan dinamis. Seorang peneliti yang bernama Steenbrink menegaskan dalam bukunya, Pesantren, Madrasah dan Sekolah, bahwa pembaharuan pendidikan Islam merupakan salah satu faktor yang mendorong perubahan Islam di Indonesia. Menurut Steenbrink, cukup banyak orang dan organisasi Islam tidak puas dengan metode tradisional dalam mempelajari Al-Qur’an dan studi agama, sehingga pembaharuan pendidikan Islam pada permulaan abad ke-20 tidak bisa dihindarkan baik dari segi metode maupun isinya.

 

Published: 2019-01-09
View All Issues