PERKEMBANGAN MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI GAGASAN ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN
Main Article Content
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern memasuki dunia Islam, terutama sesudah pembukaan abad ke-19 M, yang dalam sejarah Islam dipandang sebagai permulaan Periode Modern. Modernisasi pendidikan di Indonesia lebih dikenal dengan istilah reformasi. Munculnya dikotomi menurut para pakar merupakan kemunduran ilmu pengetahuan yang akhirnya memunculkan cendekiawan yang menguasai ilmu pengetahuan secara tidak komprehensif
Tulisan ini adalah hasil dari penelitian pustaka yang diteliti dengan metode penelusuran dokumentasi pustaka. Sumber primer yang digunakan adalah hasil tulisan yang dimuat di jurnal dengan tema pendidikan dan Islamisasi ilmu pengetehuan, sedangkan sumber sekundernya merupakan buku-buku dengan tema terkait. Tujuan dari tulisan ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana konsep modernisasi pendidikan secara komprehensif, (2) untuk mengetahui gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan dalam modernisasi pendidikan, (3) untuk mengetahui perkembangan modernasasi sitem pendidikan Islam melalui Islamisasi ilmu pengetahuan. Hasil dari tulisan ini dapat disimpulkan bahwa untuk menuju sistem pendidikan modern terdapat dua cara yang sangat dibutuhkan jika diinginkan lahirnya pola pendidikan yang terintegrasi. Cara yang pertama menyangkut upaya mengintegasikan pengetahuan umum dan agama. Adapun cara yang kedua adalah mengintegrasikan karakteristik leader dan karakteristik manager dalam organisasi pendidikan formal.