MODERATISME PENDIDIKAN PESANTREN DI INDONESIA (Kajian Modalitas Pesantren Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Main Article Content
Abstract
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sebagai sebuah integrasi ekonomi ASEAN akan memberikan dampak kepada berbagai sektor kehidupan termasuk sistem pendidikan di Indonesia tidak terkecuali pendidikan pesantren. Persoalan yang muncul adalah bagaimana pesantren yang dikenal sebagai pendidikan indigenous mampu beradaptasi dengan persaingan global dalam MEA dan bagaimana pesantren merancang kembali konsep pendidikannya yang moderat sehingga dapat memperkuat daya saing pesantren tanpa harus kehilangan identitas pesantren sebagai pendidikan indigenous Indonesia? Hasil kajian menunjukkan bahwa pesantren berdasarkan beberapa nilai-nilai moderat yang ada di dalam dunia pesantren telah memiliki kesiapan untuk memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. Beberapa nilai-nilai moderat untuk menghadapi MEA adalah nilai-nilai multikultural sebagai konsep adaptatif terhadap perkembangan zaman, tradisi akademik yang non dikotomik,
manajerial modern yang berbasis mutu dan kepemimpinan kolektif kolegial serta pesantren sebagai poros ekonomi ummat.