PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN ABAD 21: URGENSI DAN METODE LITERASI MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA MUSLIM

Main Article Content

Muhammad Zuhaery

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang ditandai dengan hadirnya media social telah membuat perubahan pada pola-pola hubungan antara manusia. Melalui media social, manusia dapat secara visual saling terkoneksi tanpa terhalangi oleh jarak dan tempat yang jauh. Pertukaran nilai-nilai tidak dapat terhindarkan. Akibatnya terjadi perubahan dan pertukaran nilai-nilai terjadi dengan yang sangat cepat. Kajian ini bertujuan untuk membahas urgensi literasi media social bagi remaja Muslim untuk mempersiapkan generasi remaja Muslim masuk dalam lingkungan global di era media social. Kajian yang dilakukan penulis ini adalah adalah kajian kualitatif-dekskriptif. Data yang digunakan adalah data pustaka. Hasil dan pembahasan adalah pendidikan Islam dapat menjadi modal dasar untuk mempersiapkan generasi remaja Islam memasuki lingkungan global. Niilai-nilai yang terkandung dalam Islam dapat menjadi filter bagi generasi Islam berinteraksi dengan media baru, salah satunya yaitu dengan adanya platform media sosial.

Article Details

How to Cite
Zuhaery, M. . (2025). PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN ABAD 21: URGENSI DAN METODE LITERASI MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA MUSLIM. Jurnal Ilmiah Pesantren, 4(1). Retrieved from https://jurnal.assalaam.or.id/index.php/jip/article/view/41
Section
Articles