REKONSTRUKSI KURIKULUM PONDOK PESANTREN (KAJIAN KHUSUS KURIKULUM PPMI ASSALAAM)
Main Article Content
Abstract
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum PPMI Assalaam adalah perpaduan antara ideologi keislaman dengan tuntutan masyarakat dan tuntutan perubahan. Problem akademik yang muncul adalah tuntutan adanya evaluasi yang terus menerus atas kurikulum yang digunakan di lingkungan pondok pesantren sehingga dapat selaras dengan perkembangan zaman dan perkembangan tuntutan masyarakat.
Pengembangan Kurikulum PPMI Assalaam harus mempertimbangkan tiga hal (1) ideologi pendirian pondok, (2) aspirasi dan harapan stake hoders, dan (3) tuntutan perkembangan zaman. Melihat struktur kurikulum PPMI Assalaam saat ini, dengan mempertimbangkan berbagai hal, perlu dilakukan rekonstruksi agar sesuai dengan harapan semua pihak. Perpaduan antara kurikulum pendidikan formal dengan kurikulum kepondokan, merupakan salah satu inti kurikulum yang harus dilakukan pengkajian. Demikian juga beban belajar yang terlalu berat dan jumlah mata pelajaran yang terlalu banyak akan berimplikasi pada kebutuhan SDM yang besar. Ke depan rekonstruksi kurikulum PPMI Assalaam harus dimulai dari tujuan, isi/materi, proses dan evaluasi.